Manfaat Asuransi Yang Perlu Diketahui

Manfaat Asuransi Yang Perlu Diketahui

Info Sehat - Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau kompensasi finansial) untuk kehidupan, properti, kesehatan, dan sebagainya mendapat penggantian dari kejadian tak terduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, yang meliputi pembayaran premi secara berkala dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Minat masyarakat terhadap program asuransi masih rendah. Diduga penyebab rendahnya minat masyarakat khususnya masyarakat Indonesia terhadap lembaga keuangan non bank tersebut adalah belum lengkapnya informasi yang diperoleh masyarakat mengenai lembaga ini dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. masa depan.

Definisi singkat asuransi adalah istilah yang mengacu pada tindakan, sistem, atau bisnis apa pun yang bertanggung jawab atas kompensasi atas jiwa, harta benda, dan kesehatan dari kejadian tak terduga seperti kerusakan, kehilangan, atau kematian. Asuransi secara luas dianggap sebagai produk konsumsi bagi masyarakat kelas atas yang memiliki lebih banyak dana dan aset yang dianggap membutuhkan perlindungan lebih. Padahal, asuransi memiliki manfaat dan manfaat lainnya bagi semua kalangan masyarakat.

Prinsip dasar asuransi

Dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar yang harus dipenuhi, yaitu:

Bunga yang dapat diasuransikan
Hak untuk mengasuransikan, yang timbul dari hubungan keuangan, antara tertanggung dan tertanggung dan diakui secara hukum.

Itikad baik
Suatu tindakan untuk menyatakan secara akurat dan lengkap semua fakta material tentang sesuatu yang akan dipertanggungkan baik diminta maupun tidak. Artinya: penanggung harus jujur ​​menjelaskan secara jelas tentang sejauh mana syarat/ketentuan asuransi dan tertanggung juga harus memberikan gambaran yang jelas dan benar tentang objek atau kepentingan yang dipertanggungkan.

Penyebab terdekat
Penyebab aktif dan efisien yang mengarah pada rangkaian peristiwa yang menghasilkan akibat tanpa intervensi yang aktif dan dimulai dari sumber baru dan independen.

Ganti Rugi
Suatu mekanisme di mana penanggung memberikan kompensasi finansial dalam upaya untuk menempatkan tertanggung pada posisi keuangannya segera sebelum kerugian.

Subrogasi
Pengalihan hak klaim dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dilunasi.

Kontribusi
Hak Penanggung untuk mengajak Penanggung lain yang sama-sama menanggung, tetapi belum tentu kewajiban yang sama kepada Tertanggung untuk ikut memberikan ganti rugi.

Berikut manfaat asuransi yang akan Anda dapatkan secara umum atau keseluruhan

1. Memberi Ketenangan
Kita tidak pernah tahu kemungkinan apa yang akan terjadi besok. Setiap hari kita melewati kemungkinan kejadian yang bisa membutuhkan pengeluaran tak terduga. Jika Anda termasuk orang yang siap menghadapi sesuatu, risiko kerugian akibat kejadian tak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan mudah. Namun bagaimana dengan Anda yang menyadari bahwa Anda bukanlah tipe orang yang seperti itu? Kehadiran penyedia jasa asuransi dapat memberikan jawaban dan meringankan beban saat kejadian tak terduga datang.

Asuransi memiliki manfaat memberikan perlindungan dari risiko ketidakpastian dan diyakini lebih mampu meningkatkan kepercayaan diri bagi individu pemegangnya. Penggantian yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi setidaknya akan menutupi sebagian dari semua kewajiban pembayaran Anda untuk suatu insiden. Asuransi juga dikenal sebagai salah satu alternatif pengendalian kerugian atau loss controldeng dengan melakukan survey lapangan dan memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif dan mitigasi.

2. Sebagai Investasi dan Tabungan
Dengan mendaftar sebagai nasabah pemegang polis di sebuah penyedia jasa asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi di akhir kontrak. Asuransi yang ditujukan untuk investasi juga memberikan keleluasaan dan keleluasaan dalam memilih masa pertanggungan. Biasanya akan ada tiga pilihan waktu pertanggungan pemegang polis, 5, 7, dan 10 tahun. Selain itu, premi merupakan premi tunggal yang relatif terjangkau dan dapat dibebaskan dari biaya administrasi.

3. Membantu Minimalkan Kerugian
Sesuai dengan jenisnya masing-masing, fungsi kepemilikan asuransi umum adalah membantu pemegang polis untuk meminimalkan kerugian dari kemungkinan kejadian yang tidak terduga seperti biaya kerugian akibat bencana, kecelakaan, dan biaya rumah sakit. Meminimalisir kerugian atas kejadian tak terduga tersebut dapat dilihat dari contoh kasus berikut ini:

Anda adalah seseorang yang memiliki rumah senilai Rp3 miliar. Selain itu, Anda juga memiliki investasi berupa gedung yang digunakan sebagai kamar sewa bagi mahasiswa di area sekitar kampus. Anda hanya memberikan perlindungan lebih pada rumah Anda sementara tidak untuk kost yang dimiliki. Saat terjadi kebakaran akibat ledakan gas di rumah, Anda bisa mendapatkan cover fee dari pihak asuransi. Sedangkan jika kebakaran terjadi di kost Anda, Anda akan kehilangan kerugian besar akibat hilangnya bangunan dan harus menanggung kerugian harta benda milik santri karena kebakaran yang diakibatkan oleh ledakan gas yang sebenarnya milik Anda. Dari sini terlihat pentingnya memiliki asuransi sebagai jaminan perlindungan baik untuk diri sendiri maupun untuk harta benda dan investasi Anda.

4. Membantu Mengelola Keuangan
Kewajiban Anda untuk membayar premi secara berkala sebenarnya secara tidak langsung memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan saat terjadi kejadian yang tidak terduga. Meski begitu, ketika kejadian tak terduga benar-benar terjadi dan mengharuskan Anda mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya, asuransi akan membantu Anda untuk menekan pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayar biaya penuh atas kerugian yang diderita karena pihak asuransi akan memberikan ganti rugi.

Pemilihan asuransi dan penggunaan layanan yang tepat akan memberikan manfaat asuransi menyeluruh kepada Anda dan keluarga sebagai nasabah asuransi.

Ingat bahwa asuransi dibutuhkan semua orang dan bukan hanya untuk orang-orang menengah ke atas saja. Pemahaman mengenai manajemen risiko dan asuransi yang baik akan membantu Kamu dalam menentukan jenis produk yang sesuai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel


[x] CLOSE