Sepuluh Posisi Yoga Untuk Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Sepuluh Posisi Yoga Untuk Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Info Sehat - Seiring berjalannya waktu, tubuh manusia kehilangan keserbagunaannya, terutama ketika seseorang menjalani kehidupan yang tidak banyak bergerak. Untungnya, gaya hidup yang lebih aktif dan latihan seperti yoga dapat membantu kita mendapatkan kembali fleksibilitas ini, mencegah kecelakaan saat berolahraga atau bahkan gerakan tiba-tiba, dan juga meningkatkan postur tubuh kita.

Yoga adalah cara yang bagus untuk menjaga tubuh yang fleksibel dan lincah. Meskipun beberapa postur tubuh sulit melakukannya, dengan latihan dan kesabaran, Anda akan mendapatkan hasil yang baik melakukan yoga.

Berikut ini sepuluh posisi yoga untuk membantu memperbaiki postur tubuh yang bisa dicoba:

1. Posisi Yoga Ananda Balasana (Happy Banny)

Posisi Yoga Ananda Balasana (Happy Banny)

Posisi yoga Ananda Balasana ini sangat bagus untuk melatih peluncuran pinggul. Ini dikatakan sebagai sikap yang telah kita kuasai sejak kecil, sehingga ideal untuk pemula dalam yoga. Kesederhanaannya membuatnya ideal untuk pemanasan.

Berbaring telentang dan bawa lutut ke arah dada, pegang jari-jari kaki dari luar. Pastikan lutut dan pergelangan kaki Anda sejajar pada sudut 90 derajat ke tubuh Anda dan tahan posisi selama 60 detik.


2. Posisi Yoga Baddha Konasana

Posisi Yoga Baddha Konasana

Posisi ini merangsang organ-organ dalam daerah perut, aliran di daerah panggul, pembukaan pinggul dan batang tubuh, serta memperluas area tubuh yang biasanya tetap "tertutup", seperti selangkangan, adduktor, dan perut bagian bawah.

Kemudian bawa jari-jari kaki Anda ke dalam, hubungkan telapak kaki Anda. Lutut harus diturunkan sejauh mungkin. Lakukan yang terbaik untuk tidak bersandar dan pertahankan posisi selama 7-10 napas.


3. Posisi Yoga Bhujangasana

Posisi Yoga Bhujangasana

Jika Anda harus melepaskan ketegangan, posisi ini adalah tempat untuk Anda, karena ini meningkatkan pengenalan dada dan bahu, area di mana ketegangan cenderung berkembang. Selain itu, ini dapat membantu Anda melawan masalah pernapasan dan juga mengurangi gejala ketegangan dan kecemasan.

Posisi mulai menggunakan pemanjangan di perut, seluruh tubuh diregangkan dengan baik. Telapak tangan mereka harus diletakkan di lantai dan setinggi bahu, kemudian lengan harus diperpanjang dan batang tubuh meningkat, hanya tanpa mengangkat tulang kemaluan di tanah, dan membawa kembali bahu.


4. Posisi Yoga Uttanasana

Posisi Yoga Uttanasana

Posisi yoga Uttanasana ini sangat bagus untuk melatih kelenturan bagian belakang tubuh manusia, dari punggung hingga betis. Ini umumnya pemanasan yang dapat membantu mengatasi stres dan depresi dan bahkan dapat meredakan kolik serta sakit kepala.

Mulailah dengan merentangkan kaki Anda tepat di atas pinggul Anda, dan rentangkan jari-jari kaki Anda untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik di tanah. Selanjutnya, sambil membungkuk, lipat dada Anda ke depan, dan setiap kali Anda cukup menurunkannya, letakkan lengan bawah Anda di belakang betis Anda. Jika Anda seorang pemula dan kesulitan menjaga kaki dan punggung tetap lurus, Anda bisa sedikit menekuknya.


5. Posisi Yoga Adho Mukha Svanasana

Posisi Yoga Adho Mukha Svanasana

Posisi ini memungkinkan Anda untuk fokus pada fleksibilitas paha belakang, betis, tendon Achilles, ligamen, dan bahu. Anda harus mulai dengan menempatkan diri Anda di empat titik servis (lutut dan tangan di atas matras), memastikan lutut Anda sejajar dengan pinggul.

Mulailah dengan menarik napas, meregangkan kaki Anda untuk mengangkatnya, dan menghembuskan napas untuk meningkatkan pinggul Anda sebesar mungkin. Kaki, tulang punggung, dan lengan Anda harus kencang. Tahan postur setidaknya selama 20 menit dan lakukan banyak napas dalam-dalam. Untuk kembali ke tempat awal, kencangkan dan bawa lutut Anda ke lantai dengan ringan.


6. Posisi Yoga Paschimottanasana

Posisi Yoga Paschimottanasana

Posisi yoga Paschimottanasana agak lebih rumit. Bahkan dibutuhkan banyak latihan dan kesabaran untuk mengeksekusinya dengan benar. Jika pada awalnya Anda tidak dapat turun atau mencapai jari-jari kaki Anda, jangan mencoba dan memaksakan diri agar tidak melukai diri sendiri.

Duduk di lantai, kaki belakang, dan lurus ke depan. Tarik napas dan buang napas dengan mencondongkan tubuh ke depan, berhati-hatilah untuk melakukan gerakan dari pinggul, dan jangan keluar dari pinggang. Jika Anda tidak dapat menjangkau kaki Anda dengan tangan, maka Anda dapat menggunakan cincin karet. Tahan postur selama beberapa menit.


7. Posisi Yoga Trikonasana

Posisi Yoga Trikonasana

Ini adalah posisi yoga segitiga, yang digunakan oleh pemula dan ahli, dan yang membangkitkan pengenalan otot pinggul dan perut mereka. Orang-orang yang mulai berlatih yoga disarankan untuk menjaga pikiran mereka di tempat netral jika mereka kesulitan mengangkatnya.

Mulailah dengan berdiri di atas karpet dan lakukan lari jarak jauh dengan kaki kanan Anda. Kaki harus dipisahkan satu sama lain dan diregangkan dengan baik. Kaki yang sempurna harus mengarah ke depan, sedangkan kaki kiri harus mengarah ke depan. Kemudian bentuk salib dengan tangan Anda dan turunkan tubuh Anda dengan membawa tangan Anda ke kaki kanan Anda, bahkan sambil mengangkat lengan kiri Anda, seperti yang ditunjukkan dalam kasus ini.


8. Posisi Yoga Prasarita Padottanasana

Posisi Yoga Prasarita Padottanasana

Ekstremitas bawah dan tulang punggung sangat diuntungkan dari postur karena memperkuat tungkai dan kaki dengan meregangkan otot dan tulang belakang, yang juga dapat membantu meredakan kemungkinan nyeri tulang belakang.

Mulailah dengan berdiri dengan punggung lurus. Regangkan kaki Anda dan bawa tubuh Anda ke depan dan kemudian ke bawah, jaga agar tangan Anda tetap di atas kaki Anda. Tahan postur setidaknya selama 30 detik, dan sekitar 1 menit jika Anda bisa.


9. Posisi Yoga Setu Bandha Sarvangasana

Posisi Yoga Setu Bandha Sarvangasana

Posisi Yoga Setu Bandha Sarvangasana ini memungkinkan peregangan seluruh tulang belakang dan digunakan untuk mengimbangi postur yang buruk. Ini memperkuat seluruh bagian belakang tubuh, terutama paha, bokong, dan perut bagian dalam.

Kemudian tekuk lutut Anda dan letakkan tumit Anda di tempat lutut. Bokong Anda harus diangkat dan tulang belakang Anda harus lurus. Bentuk garis dari lutut ke arah bahu. Di bawah "jembatan" ini, jalin telapak tangan Anda. Tahan posisi selama 15 menit.


10. Posisi Yoga Balasana

Posisi Yoga Balasana

Posisi yoga Balasana ini biasanya digunakan pada awal sesi yang lebih ekstrim. Meski sederhana, posisi yoga ini memiliki manfaat penting, seperti memulihkan kekuatan di antara postur dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Mulailah dengan berlutut dengan punggung lurus dan kaki menyatu. Selanjutnya, turunkan bokong Anda pada tumit Anda. Paha Anda harus tetap berhubungan dengan tubuh Anda dan alis Anda harus menempel di tanah. Ada dua variasi: 1 dengan tangan terentang di depan Anda, bersama dengan yang lain dengan tangan ke belakang di samping kaki Anda. Kedua varian memungkinkan Anda untuk bersantai dan harus disimpan selama sekitar satu menit.

Meski gerakan yoga untuk pemula terlihat mudah, Anda mungkin akan merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu saat mempraktikkannya. Mintalah bimbingan pelatih yoga mengenai gerakan yang tepat, agar terhindar dari cedera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

[x] CLOSE