Cara Menjaga Kulit Berdasarkan Jenisnya

Langkah Menjaga Kulit Berdasarkan Jenisnya

Info Sehat - Cara merawat kulit seharusnya disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Perawatan kulit yang tidak pas atau kekeliruan dalam pemakaian produk perawatan malah dapat memunculkan permasalahan di kulit. Oleh karenanya, penting untuk ketahui langkah menjaga kulit sesuai jenisnya.

Kulit ialah organ paling luar dan terluas yang berperanan sebagai pelindung tubuh. Kulit menahan tubuh dari dehidrasi dan infeksi dan melindungi temperatur tubuh tetap stabil. Tidak itu saja, kulit membuat Anda dapat rasakan dingin, panas, dan ngilu, dan memproses vitamin D dari cahaya matahari.

Pentingnya peranan kulit membuat Anda perlu ketahui langkah menjaga kulit yang tepat sesuai jenis kulit yang dipunyai. Ini karena masing-masing jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda sesuai karakteristiknya.

Cara Menjaga Kulit Berdasarkan Jenisnya

Berikut ialah cara-cara menjaga kulit sesuai jenisnya yang penting Anda pahami:

1. Kulit Kering
Kulit kering biasanya tidak selentur jenis kulit lainnya. Kulit kering umumnya kelihatan lusuh, berkerut, gampang gatal dan iritasi, dan kasar.

Ada faktor-faktor yang bisa mengakibatkan seorang lebih rawan mempunyai kulit kering, salah satunya factor genetik, pancaran cahaya matahari berlebihan, peralihan cuaca, sering mandi air panas, atau pemakaian kosmetik yang tidak pas.

Bila kulit Anda terhitung ke jenis kulit kering, ada cara-cara menjaga kulit kering yang bisa dicoba, diantaranya:

  • Memakai sabun dan produk perawatan kulit dengan bahan kimia ringan atau mungkin tidak memiliki sifat iritatif, misalkan yang tidak memiliki kandungan pewangi atau antibakteri
  • Batasi waktu mandi optimal 15 menit dan sebaiknya pakai air bersuhu hangat saat mandi
  • Menghindar pergerakan menggosok kulit terlalu kencang saat mandi
  • Mengoleskan pelembap sesudah mandi dan setiap kali kulit terasa kering
  • Memakai produk dengan bahan dasar petroleum jelly atau minyak, karena bisa memerangkap cairan supaya tidak cepat menguap dari kulit

2. Kulit Berminyak
Kulit berminyak umumnya kelihatan kusam atau berkilau dan mempunyai pori-pori besar. Type kulit ini lebih gampang berkomedo dan ada jerawat. Kulit dapat semakin berminyak saat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) di kulit hasilkan terlalu banyak sebum.

Ada faktor-faktor yang bisa membuat seorang lebih rentan alami kulit berminyak, salah satunya faktor genetik, depresi, udara lembap, dan peralihan hormon, misalkan pada remaja yang masuk periode pubertas.

Kulit berminyak bisa dirawat dengan cara-cara berikut:

  • Memakai produk perawatan memiliki label bebas minyak atau noncomedogenic yang tidak menutup pori-pori
  • Membersihkan muka 2x satu hari, terutamanya saat kulit muka berkeringat
  • Menghindar menekan jerawat karena bisa tinggalkan sisa cedera yang susah hilang
  • Memakai produk perawatan kulit dengan bahan dasar air supaya tidak membuat kulit makin berminyak dan menahan timbulnya jerawat

3. Kulit Normal
Kulit normal biasanya terlihat merona, tidak kusam, berminyak, atau kering, dan tidak banyak memiliki keriput. Jenis kulit normal lebih gampang dirawat dibanding jenis kulit yang lain.

Bila kulit Anda terhitung jenis kulit normal, Anda perlu teratur memakai pelembap dengan bahan dasar air yang memiliki sifat ringan dan tidak lengket untuk menjaga kelembapan alami kulit.

4. Kulit Sensitif
Kulit sensitif kerap kali ditandai dengan kulit yang berasa gatal, terbakar, kering, dan kemerahan. Untuk menjaga atau menangani kulit sensitif, Anda dapat ikuti langkah-langkah perawatan kulit berikut:

  • Mengenal dan menghindar faktor penyebab iritasi kulit, misalkan temperatur dingin atau panas, paparan debu, atau bahan kimia yang memiliki sifat iritatif
  • Memakai pembersih berbahan alami yang bagus untuk kulit sensitif, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau
  • Menghindar produk yang beralkohol, sabun, pewangi, dan zat asam
  • Pilih produk khusus kulit sensitif yang memiliki label hypoallergenic
  • Disamping itu, pemilik kulit sensitif seharusnya pilih produk yang mengandung bahan kimia rendah. Ini karena makin berkurang bahan kimia yang terdapat, makin rendah juga resiko iritasi kulit yang kemungkinan terjadi.

5. Kulit Kombinasi
Jenis kulit ini dapat termasuk kering atau normal di sejumlah sisi, tapi berminyak di area hidung, dahi, dan dagu. Kulit kombinasi umumnya kelihatan mengkilat dengan pori-pori semakin besar dan gampang berkomedo.

Anda perlu lebih jeli saat menjaga kulit kombinasi, karena bagian yang berminyak dan kering atau normal harus dibikin bersih secara berbeda. Berikut ialah langkah-langkah menjaga kulit kombinasi yang bisa Anda lakukan:
  • Memakai produk perawatan khusus kulit berminyak pada bagian kulit yang berminyak
  • Memakai pelembap hanya pada bagian kulit yang kering atau normal
  • Pilih produk yang memiliki kandungan alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA)
  • Menghindar produk yang beralkohol atau pewangi

Selain dengan cara-cara khusus di atas, perawatan kulit pada umumnya penting juga dilaksanakan untuk semuanya jenis kulit, yakni menggunakan tabir surya, tidak merokok, minum air putih, bersihkan muka saat sebelum tidur, dan menghindar pancaran cahaya matahari langsung.

Jika kulit Anda memiliki masalah atau masih bimbang dengan menjaga kulit sesuai jenisnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter kulit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel


Pemberitahuan (Notification)

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan AdBlocker atau perangkat lunak pemblokiran iklan lainnya yang mencegah halaman dimuat sepenuhnya.

Harap Nonaktifkan Pemblokir Iklan Anda

(Please Disable Your AdBlocker)

--- THANKS ---

×