Enam Cara Jitu Meredakan Nyeri Haid, Tanpa Perlu Minum Obat Yang Perlu Diketahui

Enam Cara Jitu Meredakan Nyeri Haid, Tanpa Perlu Minum Obat Yang Perlu Diketahui

Info Sehat - Lebih dari separuh wanita yang mengalami menstruasi mengalami nyeri haid (dismenore) selama satu sampai dua hari setiap bulan. Nyeri haid bisa berupa sakit kepala atau ketidaknyamanan umum, yang biasanya disebabkan oleh kram menstruasi. Lalu, apa saja cara meredakan nyeri haid yang bisa dilakukan?.

Kram menstruasi atau nyeri haid terjadi ketika rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut, punggung bawah, selangkangan atau paha atas.

Berurusan dengan kram atau nyeri haid setiap bulan bisa membuat frustrasi sekaligus menyakitkan. Namun jangan khawatir, ada banyak cara meredakan nyeri haid.

Penting untuk diingat bahwa teknik ini tidak selalu berhasil, terutama untuk kondisi kronis, tetapi teknik ini dapat meredakan nyeri haid ringan hingga sedang.

Lantas, bagaimana cara meredakan nyeri haid? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini:

1. Olahraga Ringan

Anda mungkin lebih ingin bermalas-malasan di tempat tidur saat sedang haid. Namun, olahraga ringan sebenarnya bisa jadi cara sehat untuk menghilangkan nyeri haid.

Berolahraga membuat peredaran darah Anda lebih lancar. Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan sebagai pereda nyeri alami dapat membantu mengurangi efek hormon prostaglandin. Prostaglandin adalah hormon yang membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan kram.

Olahraga membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke panggul. Tidak hanya meredakan nyeri, olahraga juga membantu memperbaiki suasana hati (mood) yang tak karuan saat haid.

Ada banyak pilihan olahraga yang aman dan Anda bisa lakukan saat haid. Misalnya jogging ringan atau senam aerobik. Olahragalah secara teratur, dari sebelum dan selama haid.

2. Mengompres Perut

Saat haid terasa menyakitkan, cobalah mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Suhu panasnya akan membantu melemaskan otot rahim yang tegang sehingga mengurangi rasa sakit.

Tempelkan botol berisi air hangat yang dibalut waslap setiap kali perut terasa nyeri. Anda bisa mengulangnya sesering mungkin. Cara ini dapat menghilangkan nyeri haid tanpa menimbulkan efek samping apa pun.

Selain itu, coba untuk mandi atau berendam air hangat saat haid. Mandi air hangat tak hanya membuat nyeri berkurang, tetapi juga merilekskan tubuh dan pikiran. Mandi air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

3. Minum Lebih Banyak Air Putih

Kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Minum air dapat mengurangi kembung selama periode Anda haid. Selain itu, minum air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dan mengendurkan otot-otot sehingga mengurangi kram menstruasi.

4. Minum Teh Herbal

Teh herbal mengandung sifat anti-inflamasi serta senyawa antispasmodik yang berguna meminimalisir kejang otot penyebab kram. Minum teh herbal seperti jahe, adas, ayau chamomile bisa menjadi cara alami dan mudah untuk mengobati kram menstruasi. Selain itu, teh herbal juga dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

5. Makan Makanan Anti inflamasi

Beberapa makanan dapat dapat membantu meredakan kram dan rasa tidak nyaman saat haid. Diketahui, makanan antiinflamasi ini berguna untuk meningkatkan aliran darah serta mengendurkan rahim. Cobalah makan tomat, beri, nanas, serta rempah-rempah seperti jahe, kunyit, atau bawang putih.

Selain itu, sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi nyeri atau peradangan.

6. Kurangi Stres Stres dapat memperburuk kram. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit Anda sendiri untuk menghilangkan stres. Jika Anda tidak yakin bagaimana menghilangkan stres, cobalah berimajinasi.

Caranya, cukup tutup mata Anda, ambil napas dalam-dalam dan bayangkan tempat yang tenang dan aman yang penting bagi Anda. Tetaplah fokus pada imajinasi tersebut setidaknya beberapa menit sembari tariknapas dalam-dalam. Cara ini dianggap cukup ampuh meredakan nyeri haid.

Demikian informasi mengenai enam cara meredakan nyeri haid yang perlu diketahui. Jika Anda sudah menggunakan cara di atas namun masih terasa nyeri, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel

Pemberitahuan (Notification)

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan AdBlocker atau perangkat lunak pemblokiran iklan lainnya yang mencegah halaman dimuat sepenuhnya.

Harap Nonaktifkan Pemblokir Iklan Anda

(Please Disable Your AdBlocker)

--- THANKS ---

×