9 Strategi Yang Tepat Saat Memilih Asuransi Kesehatan

9 Strategi Yang Tepat Saat Memilih Asuransi Kesehatan

Info Sehat - Kemajuan asuransi menunjukkan angka yang cukup tinggi di Indonesia, kesadaran warga akan pentingnya sebuah pelindungan pada kesehatan, jiwa dan aset mereka merupakan salah aspek penyebab terjadinya perihal tersebut. Orang-orang saat ini lebih cerdas dan mengerti akan manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah layanan asuransi.

Hal itu tentu disambut dengan baik oleh perusahaan penyedia layanan asuransi, di mana mereka berusaha untuk selalu berinovasi dan melahirkan beragam produk asuransi yang baru. Perihal ini dilakukan untuk memenuhi semua keperluan pelanggan dan memberikan banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kepentingan dan keperluan dari setiap pengguna jasa mereka.

Jumlah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan asuransi termasuk banyak, hal ini tentu saja membuat suatu persaingan bisnis yang cukup ketat, hingga beberapa perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para pengguna jasa mereka.

Pahami dan Gunakan yang Terbaik
Pada dasarnya asuransi kesehatan merupakan sebuah produk yang mempunyai beragam ketentuan dan aturan yang cukup kompleks, maka karena itu Anda harus memahami dan mengerti dengan jelas mengenai isi polis asuransi yang Anda gunakan. Ini akan membantu Anda untuk menghindari masalah dan kerugian di hari yang akan datang, sehingga Anda dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan asuransi kesehatan yang Anda pilih.

Teliti Memilih Asuransi
Sekarang ini ada bermacam jenis asuransi yang dapat Anda jadikan sebagai opsi, hal ini sudah pasti membuat Anda harus benar-benar cermat dalam menyeleksi dan memilih salah satu layanan asuransi yang akan digunakan. Salah satu layanan asuransi yang terbanyak digunakan ialah asuransi kesehatan, di mana angka penggunanya terbilang sangat tinggi bila dibanding dengan jenis asuransi yang lain.

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa layanan asuransi kesehatan, karena itu sudah tentu Anda harus memahami semua peraturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam polis asuransi tersebut, hal ini akan menghindari Anda dari beragam macam kerugian yang bisa saja timbul karena pemahaman yang kurang tepat mengenai isi polis yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Anda pasti tidak mau mengalami hal tersebut, kan?.

Walau terlihat sama, tetapi tiap-tiap polis asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi akan mempunyai perbedaan dan keunggulan masing-masing. Perihal ini pula yang patut Anda perhatikan saat sebelum mengambil keputusan, di mana dalam banyak kasus beberapa nasabah merasa dirugikan karena kurangnya pemahaman dan ketentuan yang ada di dalam polis.

9 Strategi Yang Tepat Saat Memilih Asuransi Kesehatan



Berikut ialah beberapa poin yang dapat Anda jadikan sebagai strategi tepat dalam memilih asuransi kesehatan:

1. Pahami Kebutuhan
Hal khusus yang penting Anda lakukan saat sebelum memilih asuransi kesehatan ialah pahami secara jelas tentang kebutuhan asuransi yang akan Anda gunakan. Ini akan membantu Anda untuk dapat menemukan dan memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk Anda gunakan.

Dengan demikian Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan asuransi tersebut. Sesuaikan asuransi kesehatan tersebut dengan kepentingan kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya, perhatikan setiap layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi secara detail.

2. Tentukan Jenis Pelindungan
Pada beberapa perusahaan asuransi, Anda dapat memilih layanan pelindungan tertentu di luar layanan standar yang mereka berikan, ini sudah pasti akan disertai dengan pengenaan sejumlah biaya premi tambahan. Tetapi karena ada sistem tersebut, karena itu Anda bisa memperoleh layanan yang lengkap dan paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Pilih hanya layanan yang memang benar-benar dibutuhkan, agar jumlah premi yang harus dibayarkan bisa lebih ringan.

3. Lakukan Perbandingan
Banyaknya perusahaan penyedia layanan jasa asuransi, sudah pasti membuat Anda memiliki beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Lakukan perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan yang lain, ini perlu dilakukan dengan cermat, supaya Anda dapat menemukan layanan asuransi kesehatan terbaik yang Anda inginkan.

4. Sesuaikan Anggaran
Hal yang juga sangat penting untuk dipertimbangkan dengan anggaran keuangan yang Anda miliki untuk sebuah layanan asuransi kesehatan, jangan sampai premi yang berat justru membuat keuangan Anda menjadi terganggu.

Asuransi merupakan sebuah pengeluaran tetap yang akan berlangsung selama kurun waktu yang lama (beberapa tahun), sehingga dapat dipastikan jika pos pengeluaran ini akan memengaruhi kondisi keuangan Anda secara keseluruhan, karena itu perlu pertimbangan yang matang saat sebelum Anda mengambil keputusan.

Ini bisa juga dilakukan dengan membuat sebuah simulasi pembayaran, Anda dapat meminta staff dari perusahaan asuransi untuk membantu Anda dalam melakukan hal ini.

Dengan melakukan simulasi, maka Anda dapat mengukur kemampuan bayar Anda terhadap premi asuransi dan memastikan apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari asuransi tersebut karena Anda memiliki peluang untuk menanyakan beragam informasi kepada staf perusahaan asuransi yang Anda temui.

5. Pertimbangkan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Ketika akan memutuskan mengenai perusahaan penyedia layanan asuransi, maka wajib bagi Anda untuk melihat dan mempertimbangkan kredibilitas perusahaan tersebut, ini akan membantu Anda untuk menghindari sejumlah kerugian yang bisa saja terjadi di hari yang akan datang akibat ada tindakan tidak profesional dari perusahaan itu.

Cari dan kumpulkan informasi yang akurat mengenai kinerja dan layanan perusahaan asuransi, Anda dapat menemukan semua ini dengan mudah melalui internet atau dari teman atau keluarga yang sudah menggunakan layanan mereka sebelumnya. Pastikan untuk memilih layanan perusahaan terbaik dan mempunyai reputasi dan kredibilitas yang tinggi di dalam masyarakat.

6. Gunakan Jasa Pihak Ketiga
Saat bicara tentang polis asuransi, maka sering kali Anda akan merasakan kesulitan untuk mengerti isi polis itu secara detail, ini sudah pasti menimbulkan potensi kerugian untuk Anda di masa yang akan datang. Untuk menemukan dan mengambil keputusan tentang asuransi kesehatan yang paling sesuai dan tepat untuk Anda gunakan.

Tidak ada salahnya Anda minta bantuan kepada pihak ketiga yang profesional, dalam masalah ini biasa disebutkan "broker". Broker asuransi akan membantu Anda untuk menganalisa kebutuhan dan memilih layanan asuransi kesehatan dari sebuah perusahaan asuransi yang terbaik untuk Anda gunakan.

7. Pertimbangkan Asuransi Kesehatan Keluarga
Sekarang ini ada perusahaan asuransi yang memberikan layanan asuransi kesehatan untuk keluarga, di mana Anda perlu menggunakan satu polis asuransi saja untuk semua anggota keluarga. Ini sangatlah efektif dan lebih hemat karena jumlah premi yang akan dibayarkan sudah tentu lebih ringan, bila dibandingkan dengan sistem asuransi yang menerapkan satu polis untuk setiap satu orang.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan asuransi kesehatan dengan sistem ini, terutama jika Anda dan anggota keluarga yang lain memang benar-benar belum menggunakan layanan asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi manapun sebelumnya.

8. Pahami Sistem Yang Diterapkan
Pada dasarnya perusahaan asuransi menerapkan sistem cashless (menggunakan kartu peserta) atau reimbursement dalam layanan mereka. Kedua ini akan berbeda dan patut menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Di dalam sistem cashless Anda akan menemukan kemudahan di saat membutuhkan layanan kesehatan di rumah sakit, di mana Anda hanya perlu membawa dan menunjukkan kartu keanggotaan Anda pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit. Anda tidak perlu melakukan sejumlah deposit bila ingin mendapatkan perawatan rawat inap, dengan demikian pengobatan dapat berjalan dengan mudah dan cepat.

Sedangkan di dalam sistem reimbursement, Anda harus melakukan deposit di saat melakukan pendaftaran rawat inap, dan bahkan Anda harus membayar semua biaya pengobatan yang timbul di rumah sakit. Setelah selesai mendapatkan perawatan, maka Anda dapat melakukan klaim kepada pihak asuransi dengan cara menyertakan kwitansi pembayaran tersebut, hal ini tentu akan merepotkan, mengingat Anda bisa sakit kapan saja dan bahkan pada saat tidak memiliki sejumlah biaya untuk membayar pengobatan di rumah sakit.

9. Rumah Sakit Rekanan
Biasanya perusahaan asuransi telah memiliki kerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang mereka pilih, semakin banyak jumlah rumah sakit rekanan mereka, karena itu Anda akan semakin mudah untuk mengaksesnya. Dengan demikian Anda tidak kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang Anda butuhkan.

Pastikan Anda memilih asuransi yang memiliki jaringan yang luas dan kerjasama dengan banyak rumah sakit, terutama untuk Anda yang pilih sistem cashless karena layanan asuransi ini hanya berlaku di rumah sakit yang memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel