Ingin Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

Ingin Wajah Mulus Tanpa Komedo? Ini Rahasianya

Info Sehat - Selain jerawat, permasalahan kulit yang lain sering "singgah" di muka ialah komedo. Permasalahan kulit ini terbentuk karena penyumbatan di pori-pori kulit. Selain mengganggu penampilan, komedo pun tidak bisa dianggap sepele dan harus dibasmi, karena bisa mengakibatkan permasalahan yang lain.

Penyumbatan pada pori-pori bisa membuat minyak terus menumpuk di bawah kulit. Makin lama, pori-pori kulit akan pecah, membuat sel darah putih masuk dan mengakibatkan pembengkakan dan kemerahan, yang pada akhirnya membentuk jerawat. Nah, untuk kamu yang ingin wajah mulus bebas dari komedo, berikut beberapa tips mengatasinya yang dapat dicoba:

Wajah Mulus Tanpa Komedo



1. Uap Panas dan Pinset Komedo
Cara yang lumayan gampang untuk dilaksanakan sendiri di rumah ialah menggunakan uap panas dan pinset komedo. Berikut ini langkah menggunakannya:

  • Bersihkan pinset dengan memakai air panas supaya steril dari kuman.
  • Siapkan wadah berisi air panas, dekatkan wajah ke wadah itu selama semenit, hingga uap-uapnya mengenai wajah. Ini bermanfaat untuk melembapkan -dan membuka pori-pori, maka komedo lebih mudah dibersihkan.
  • Tekan-tekan bagian hidung yang dipenuhi komedo dengan pinset dan tarik perlahan-lahan. Lakukan dengan berhati-hati supaya komedo tidak menyebar ke area kulit lain.

BACA JUGA: Cara Sederhana Buat Kulit Sehat dan Terawat

2. Bersihkan dengan Asam Salisilat
Asam salisilat adalah salah satu bahan yang cukup ampuh untuk menangani komedo, karena dapat memecah zat-zat yang menyumbat pori-pori, seperti kelebihan minyak dan sel kulit mati. Bila kamu ingin terbebas dari komedo, coba untuk pilih produk pencuci wajah yang memiliki kandungan asam salisilat. Tetapi, sebagian orang kemungkinan sensitif pada asam salisilat, hingga tidak dapat menggunakan pembersih wajah dengan kandungan bahan ini.

3. Masker Tanah Liat
Masker tanah liat atau clay mask belakangan ini cukup digemari karena menyumbang banyak manfaat untuk pemilik kulit berminyak. Tidak itu saja, masker ini rupanya dapat digunakan sebagai penghilang komedo. Karena, masker tanah liat bekerja dengan cara mengangkat kotoran, minyak, dan elemen-elemen yang lain berada di dalam pori-pori. Disamping itu, masker tanah liat dapat melonggarkan dan menghilangkan pori-pori yang tersumbat.

BACA JUGA: Cara Menjaga Kulit Berdasarkan Jenisnya

4. Gunakan Produk Berlabel "Non-comedogenic"
Tidak hanya produk pembersih wajah, jika ingin terbebas dari komedo, kamu perlu cermat memilih produk perawatan wajah dan kosmetik. Luangkan untuk membaca label, komposisi, dan keterangan yang ada di produk, sebelum kamu membeli. Yakinkan produk itu memiliki label atau keterangan "non-comedogenic", ya. Keterangan itu menjelaskan jika produk itu tidak akan mengakibatkan komedo atau menyumbat pori-pori.

5. Selalu Bersihkan Make-up Sebelum Tidur
Tidak hanya minyak, sisa make-up dapat menyumbat pori-pori kulit dan mengakibatkan munculnya komedo, lho . Maka, pastikan selalu untuk membersihkan semua make-up sebelum kamu tidur.

6. Periksakan ke Dokter Kulit
Bila semua cara untuk menghilangkan komedo yang kamu lakukan tidak membuahkan hasil, jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter kulit. Dokter kulit mungkin akan memakai alat-alat profesional untuk mengangkat komedo dari pori-pori kulit.

Agar Komedo Tidak Muncul Lagi

Setelah berhasil mengatasi komedo, kamu tetap harus menjaga kulit supaya komedo tidak datang kembali.

Berikut cara mencegah timbulnya komedo di kulit wajah:
  • Bersihkan wajah dengan teratur, minimum dua kali dalam sehari dengan menggunakan pembersih muka yang cocok dengan jenis kulitmu.
  • Hindari asap rokok dan polusi udara lainnya, dan gunakanlah masker saat di luar ruang.
  • Pakai make-up, lotion, dan pencuci wajah yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang bermnyak, cokelat, gorengan, dan junk food.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel


Pemberitahuan (Notification)

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan AdBlocker atau perangkat lunak pemblokiran iklan lainnya yang mencegah halaman dimuat sepenuhnya.

Harap Nonaktifkan Pemblokir Iklan Anda

(Please Disable Your AdBlocker)

--- THANKS ---

×