Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan
ilustrasi

Info Sehat - Buah Cermai atau Phyllanthus Acidos adalah sejenis pohon yang buahnya masam. Pohon buah buah cermain ini tidak tumbuh di sembarang tempat dan tidak banyak orang yang mengetahui buah cermai ini.

Bentuk buah cermai ini berwarna kuning terang kehijauan dan pada bagian daging buah ini berwarna kuning keputihan dan bentuknya seperti bunga. Buah ini berair dan memiliki rasa yang asam. Buah Cermai lebih sering dijadikan manisan karena rasanya yang asam. Buah ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Buah Cermai

Buah Cermai miliki kandungan Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, dan ribloflavin pada bagian dagingnya.

Kandungan Yang Terdapat Pada Daun Cermai

Sedangkan pada bagian daun buah cermai terdapat kandungan Saponin, Flavanoid, Tanin, dan Polifenol dan pada bagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, dan Toksik.


Manfaat Buah Cermai

Berikut beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan :

1. Mengobati Sembelit
Buah cermai dapat mengobati penyakit sembelit. Karena buah ini mengandung Vitamin C yang banyak, buah Cermai memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

2. Mengatasi Asma
Buah Cermai ternyata dapat mengobati penyakit asma. Caranya dengan merebus enam biji buah Cermai dengan air. Tambahkan bawang merah, akar kara, lengkeng, dan sedikit gula sesuai selera. Lalu Minum sampai nafas terasa kembali pulih.


Lihat Juga : Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan


3. Meringankan Kanker
Rebus buah Cermai dengan campuran daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, dan gula. Kemudian minumlah. Cobalah untuk mengkonsumsi buah Cermai untuk mendapat hasil yang baik.

4. Menyehatkan Kulit
Vitamin C yang terdapat pada buah Cermai memberi manfaat untuk kulit. Vitamin C berperan penting untuk kesehatan kulit. Maka dari itu cobalah mengkonsumsi buah ini dalam bentuk apapun karena Vitamin C nya yang tinggi. Apa lagi bagi yang bermasalah dengan jerawat dan kulit kusam. Kulit akan menjadi cerah, bersih, dan lembut.

5. Sebagai Pelangsing
Buah Cermai dapat membantu melangsingkan tubuh. Karena buah ini bisa melancarkan pencernaan. Cermai yang memiliki rasa asam dapat membuat perut menjadi singset apabila dikonsumsi rutin.


Lihat Juga : Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan


6. Menambah Kekebalan Tubuh
Buah Cermai mengandung nutrisi yang dapat menambah kekebalan tubuh. Nutrisi yang terkandung cukup untuk penambah nutrisi rutin. Hal ini dikarenakan adanya Flavanoid yang menjadikan antioksidan. Tetapi jangan berlebihan untuk mengkonsumsinya.

7. Menyehatkan Tulang
Manfaat lain dari buah Cermai dapat menyehatkan tulang. Kalsium dan zat besi yang terdapat pada buah ini bisa membantu untuk menyehatkan tulang agar tulang tidak mudah keropos.

8. Baik Untuk Pertubuhan
Buah Cermai buah yang baik untuk dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan karena mengandung nutrisi yang banyak.

Itulah dia beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel