Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan
ilustrasi

Info Sehat - Apel adalah salah satu buah yang banyak disukai oleh orang. Selain karena rasanya, juga karena manfaat apel yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah apel memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan menguntungkan untuk tubuh. Apel tidak mengandung lemak, rendah kalori dan buah apel kaya dengan antioksidan, flavonoid, serat, air, vitamin C, kalium, pektin, dan asam ursolat.

Manfaat apel untuk tubuh juga dikarenakan buah ini mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin K, dan folat. Buah ini bisa dimakan langsung, di jus, atau dijadikan salad buah, manfaat apel sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Apel untuk Kesehatan


Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah apel untuk kesehatan tubuh :


1. Memelihara kesehatan usus

Buah Apel yang segar kaya dengan serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, disarankan untuk mengkonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.


2. Baik untuk jantung

Bila rutin dikonsumsi apel satu atau dua buah dalam sehari, diperkirakan mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Buah apel juga dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri juga. Ini semua berkat kombinasi serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.


Lihat juga : Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


3. Menurunkan risiko diabetes

Apel yang memiliki indeks glikemik rendah, baik untuk penyakit diabetes. Fitonutrien dalam apel membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Finonutrien ini diduga membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat enzim pencernaan yang berfungsi memecah karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Antioksidan dalam apel juga berperan dalam menjaga kesehatan pankreas. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi apel dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi penyakit jantung pada penderita diabetes. Namun, disarankan untuk tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi apel (terutama jus apel kemasan) dan rajin memeriksa kadar gula darah, jika menderita diabetes.


4. Mencegah kanker

Menurut dari penelitian, manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi rutin buah buah apel setiap hari, adalah menurunnya risiko terkena kanker kolorektal, kerongkongan, paru-paru, mulut, dan payudara. Efek ini diperoleh dari apel yang mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan.


5. Menjaga kesehatan otak

Apel yang mengandung antioksidan kuersetin dan flavonoid yang dapat mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada kulit apel mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan stroke.


Lihat juga : Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan


6. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi apel tiga kali dalam sehari dapat menurunkan berat badan dalam waktu 12 minggu. Manfaat apel ini untuk membantu menjaga berat badan yang diperoleh dari kandungan air dan serat yang tinggi dari apel, sehingga membuat lebih cepat kenyang dan membantu mengurangi porsi makan berlebih.


7. Mengatasi bau mulut

Apel mengandung pektin yang bermanfaat mengontrol bau mulut serta meningkatkan air liur yang berfungsi membersihkan mulut.


Tips Mengkonsumsi Apel


Untuk mendapatkan manfaat apel secara optimal, pilihlah buah apel segar yang berwarna terang, tidak terlihat memar, dan bertekstur yang padat. Kandungan gizi dalam apel bisa terjaga jika disimpan dalam kulkas bersuhu 2 hingga 4 derajat Celcius.

Jika mengkonsumsi apel, disarankan untuk tidak menelan bijinya. Mengapa? Karena biji apel mengandung racun sianida yang apabila dikonsumsi dalam jumlah tertentu bisa berakibat fatal.

Jangan lupa untuk mencuci dan menyikat kulit apel dengan air bersih gunanya untuk menghilangkan residu pestisida dan lilin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel