Jangan Pernah Anggap Sepele Tujuh Masalah Vagina Ini

Jangan Pernah Anggap Sepele Tujuh Masalah Vagina Ini

Info Sehat - Vagina adalah salah satu organ paling sensitif di tubuh wanita. Oleh karenanya, perlu benar-benar diperhatikan.

Jangan pernah anggap sepele keluhan atau permasalahan yang terjadi pada vagian.

Berikut tujuh masalah umum vagina yang perlu Anda kenali:

1. Infeksi Ragi
Ini bisa muncul karena pertumbuhan berlebih dari jamur candida, yang cenderung hidup di dalam tubuh (seperti mulut, tenggorokan, usus, dan vagina) dan di kulit. Tahukah kamu? Beberapa faktor seperti antibiotik, kehamilan, diabetes yang tidak terkontrol, atau sistem kekebalan yang menurun bisa merusak keseimbangan bakteri di vagina, mengakibatkan ragi berkembang biak, dan berkembang biak saat vagina basah.

Dengan begitu, banyak wanita mengalami gejala seperti gatal, bau busuk, nyeri, pegal, dan tidak nyaman saat buang air kecil. Ini tidak normal karena bisa menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan retakan pada dinding vagina.

2. Trikomoniasis
Ini terjadi karena tindakan parasit dan menyebar lewat hubungan seks tanpa kondom. Ini merupakan IMS paling umum yang bisa disembuhkan dan bisa menyebar, bahkan saat Anda tidak mempunyai tanda-tanda. Gatal, nyeri panggul, hubungan seks yang menyakitkan, dan kemerahan pada alat kelamin merupakan beberapa gejalanya.


BACA JUGA: Penyebab Umum Kista Ovarium Bisa Muncul


3. Vaginosis Bakterial
Seiring dengan ragi, bahkan bakteri "ramah" yang disebut lactobacilli hidup di vagina. Saat jumlah lactobacilli menjadi terlalu rendah, itu dapat mengakibatkan kondisi yang mengkhawatirkan yang dikenali sebagai vaginosis bakteri. Tahukah kamu? Bakteri Gardnerella dikaitkan dengan vaginosis bakteri.
Keadaan ini dihubungkan dengan keputihan. Berbau amis mungkin terlihat, khususnya sepanjang hubungan seks yang sama sekali tidak normal. Seorang mungkin menghindari melakukan hubungan intim, karena takut akan berbau busuk. Ini dapat juga meningkatkan resiko terkena IMS dan HIV, dan mengakibatkan kelahiran prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah, bila Anda hamil.

"Vagina mempunyai flora bakteri baik. Ya, Anda tidak salah dengar, ada bakteri tertentu yang membantu menjaga lingkungan vagina yang sehat. Vaginosis bakterial bisa menghancurkan keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat, mengakibatkan ragi berkembang biak," kata Dr Madhuri Burande Laha, konsultan dokter kandungan dan ginekolog, Motherhood Hospital, Kharadi.

4. Gonore
Gonore adalah infeksi menular seksual yang sangat menular yang kebanyakan tidak memunculkan tanda-tanda apapun, tapi dapat mengundang keputihan, nyeri saat buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual vaginal. Pada wanita, gonore bisa menyebar ke rahim atau saluran tuba dan mengakibatkan penyakit radang panggul (PID) . Maka, obati pada waktu yang tepat.

5. Vulvodynia
Pada masalah ini, wanita alami nyeri kronis atau ketaknyamanan pada vulva tanpa diketahui penyebabnya. Tanda-tandanya ialah rasa terbakar, perih, kesat, pegal, bahkan juga bengkak. Ini perlu ditangani pada waktu yang tepat atau bila tidak, hal tersebut dapat menjauhkan Anda dari hubungan intim dengan pasangan dan mengakibatkan kecemasan.

6. Kekeringan Vagina
Kelembaban vagina terutama diproduksi pada bagian atas vagina oleh leher rahim seorang. Saat wanita berhubungan seksual, dua kelenjar (dikenal sebagai kelenjar Bartholin) menghasilkan kelembapan extra untuk memberikan pemulasan yang bagus selama hubungan seks. Tingkat estrogen yang rendah, stres, dan pemakaian produk yang keras bisa mengakibatkan kekeringan.

"Tidak perlu dipikirkan lagi kalau kurangnya kelembapan saat berhubungan seksual dapat menjadi masalah. Kekeringan pada vagina merupakan hal yang umum terjadi pada wanita. Ini tidak normal, karena bisa menimbulkan rasa sakit saat melakukan hubungan intim," anjuran dr Laha.

7. Keputihan Yang Tidak Normal
Ini adalah tanda peradangan atau infeksi, seperti sariawan atau bahkan vaginosis. Selain itu, bisa mengakibatkan iritasi dan bau busuk. Warnanya dapat kehijauan, merah muda, atau bahkan juga cokelat.

Pokoknya adalah, bila Anda melihat atau mencium suatu hal yang meresahkan di bawah sana, lekas cari bantuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel


Pemberitahuan (Notification)

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan AdBlocker atau perangkat lunak pemblokiran iklan lainnya yang mencegah halaman dimuat sepenuhnya.

Harap Nonaktifkan Pemblokir Iklan Anda

(Please Disable Your AdBlocker)

--- THANKS ---

×